Laman

GEMPITA

GEMPITA
Lomba Kelompencapir Minapolitan

Selasa, 03 Agustus 2010

MANFAAT RUMPUT LAUT


RUMPUT LAUT DAN SEJUTA MANFAATNYA
Indonesia adalah Negara yang terkenal karena kesuburan dan kekayaan sumber daya alam yang dikandungnya. Dengan luas wilayah laut lebih dari 70% wilayah daratnya, Indonesia memiliki kekayaan alam sumber hayati yang melimpah yang bisa dimanfaatkan. Selain ikan, alternatif hasil laut yang bisa diolah adalah rumput laut.
Rumput laut termasuk ke dalam anggota alga atau tumbuhan yang memiliki klorofil (zat hijau daun). Di alam bebas, rumput laut tumbuh diperairan dangkal dan menempel pada karang mati. Rumput laut terbagi ke dalam empat kelas besar yaitu Rhodophyceae (alga merah), Phaeophyceae (alga coklat), Chlorophyceae (alga hijau) dan Cyanophyceae (alga biru hijau). Secara umum, rumput laut yang dapat dimakan adalah jenis ganggang biru, ganggang hijau, ganggang merah atau ganggang coklat.

Hasil penelitian tercatat 22 jenis rumput laut yang telah dimanfaatkan sebagai makanan. Di wilayah perairan Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Pulau Seram, Bali, Lombok, Kepulauan Riau dan Pulau Seribu diketahui 18 jenis dimanfaatkan sebagai makanan dan 56 jenis sebagai makanan dan obat tradisional oleh masyarakat pesisir.
Perkembangan penelitian terhadap manfaat rumput laut semakin berkembang, melalui program riset unggulan dari Kementerian Riset dan Teknologi para peneliti mengembangkan rumput laut sebagai pewarna, baik untuk makanan maupun tekstil. Warna itu bersumber dari empat jenis yaitu alga merah (warna merah), alga coklat (coklat), alga hijau (hijau) dan alga biru hijau (bitu hijau).
Para peneliti Badan Riset Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan terinspirasi dengan adanya warna-warna tersebut untuk dapat dijadikan pewarna batik. Untuk dapat menghasilkan warna coklat/warna dominan pada kain batik Indonesia, mereka mengekstrak zat pewarna dari alga coklat yaitu Sargassum filipendula dan Turbinaria. Har ini disebabkan karena kedua jenis tersebut banyak ditemukan di Indonesia yang beriklim tropis. Sedangkan untuk tempat yang beriklim subtropis yang digunakan adalah Laminaria. Dari jenis rumput laut tersebut diperoleh ekstrak rumput laut yang berupa senyawa natrium alginat.
Untuk pewarna tekstil, alga coklat yang digunakan adalah yang memiliki struktur manuronat lebih banyak dalam hal ini dikarenakan struktur kimianya mengikat zat pewarna, namun lebih mudah melepaskannya pada bahan kain. Zat pewarna dari rumput laut termasuk kedalam zat pewarna ramah lingkungan, karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan beracun. Selain itu, harga pewarna alami dari rumput laut juga relatif murah dibandingkan pewarna sintesis. Pembuatan batik cap dengan pewarna rumput laut dapat menekan biaya hingga 25%.
Alga merah dapat dimanfaatkan untuk pasta gigi, karena fiskositasnya tinggi dan strukturnya lebih lentur dan lembut. Hidrokoloid rumput laut jenis ini memiliki kemampuan yang unik dalam pembentukan gel yang bertekstur pendek sehingga sesuai untuk pasta gigi. Dilihat dari sifat fisika dan kimia hidrokoloid rumput laut yang tersusun dari senyawa polisakarida, sehingga dimungkinkan masih banyak produk baru yang dapat dihasilkan dari rumput laut seperti cairan pembersih, pelapisan keramik, kertas printer/ mesin pencetak dan tekstil dan karpet.
Rumput laut memiliki kandungan nutrisi cukup lengkap. Secara kimia rumput laut terdiri dari air (27,8%), protein (5,4%), karbohidrat (33,3%), lemak (8,6%), serat kasar (3%) dan abu (22,25%). Selain itu rumput laut juga mengandung enzim, asam nukleat, asam amino, vitamin (A, B, C, D, dan K), makro mineral (nitrogen, oksigen, kalsium dan selenium) serta mikro mineral (zat besi, magnesium dan natrium). Kandungan asam amino, vitamin dan mineral rumput laut mencapai 10-20 kali lipat dibandingkan dengan tanaman darat.
Berikut beberapa produk olahan dari rumput laut yang sudah banyak terdapat di pasaran, mulai dari yang kering, bubuk maupun segar:
a.      Nori:  nori dibuat dari rumput laut yang dihaluskan. Nori banyak digunakan pada masakan jepang, mulai dari pembungkus sushi, udang gulung atau rollade goring. Pilih nori yang lentur, kering dan berwarna hitam mengkilat.
b.      Kombu dan wakame: sejenis ganggang laut yang dikeringkan. Kombu adalah bahan dasar membuat kaldu pada masakan jepang. Wakame bentuknya menyerupai kombu, biasanya untuk campuran salad, isi soup atau campuran mie.
c.       Manisan rumput laut: Diperoleh dari rumput laut segar, kemudian dicuci, direbus dan diolah dengan larutan gula sebagai pengawetnya. Citarasanya menyegarkan dan teksturnya kenyal juga renyah, sangat cocok untuk campuran es, pudding dan aneka dessert.
d.      Agar-agar: proses pembuatan agar-agar sangat panjang. Tahap pertama pemilihan jenis rumput laut yang akan digunakan, yaitu jenis gracilaria sp atau gelidium sp. Selanjutnya proses pemecahan dinding sel, pemasakan (ekstrasi) sampai pada pengeringan. Dipasaran banyak dijumpai agar-agar dalam aneka bentuk, baik yang batangan maupun serbuk.
Manfaat dari rumput laut dari segi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut:
Antikanker. Penelitian Harvard School of Public Health di Amerika mengungkap, wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka.
Semua rumput laut kaya akan kandungan serat yang dapat mencegah kangker usus besar. Serat yang terkandung didalamnya dapat melancarkan pencernaan dengan membentuk zat seperti gelatin dalam usu halus dan meningkatkan kadar air dalam feses. Konsumsi serat dapat membantu metabolism lemak sehingga menurunkan kadar kolestrol darah dan gula darah. Rumput laut juga membantu pengobatan tukak lambung, radang usu besar, susah buang air besar, dan gangguan pencernaan lainnya.
Antioksidan. Klorofil pada ganggang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.
Mencegah Kardiovaskular. Ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.
Makanan diet. Kandungan serat pada rumput laut sangat tinggi. Serat ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolism tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan.
Sehingga dapat disimpulkan rumput laut dapat dimanfaatkan sebagai:
1.    Campuran pada bahan makanan (ice cream, yoghurt, waper krim, cokelat susu, pudding instan, roti, permen, daging ikan dalam kaleng, saus, salad dressing, kecap, jelly, jam, pudding, dan makanan bayi).
2.      Campuran pada minuman (minuman ringan, jus buah, bir dan sirup).
3.      Non pangan (makanan hewan, makanan ikan, cat, keramik, tekstil, dan kertas).
4.      Farmasi dan kosmetik (pasta gigi, shampoo, obat tablet, nahan cetak gigi, dan obat salep).
5.      Sebagai Bahan obat-obatan (anticoagulant, antibiotics, antihehmethes, antihypertensive agent, pengurang cholesterol, dilatory agent, dan insektisida.
6.      Karena kandungan gizinya yang tinggi, maka mampu meningkatkan sistem kerja hormonal, limfatik, dan juga saraf.
7.      Meningkatkan fungsi pertahanan tubuh, memperbaiki sistem kerja jantung dan peredaran darah, serta sistem pencernaan.
8.      Obat tradisional untuk batuk, asma, bronkhitis, TBC, cacingan, sakit perut, demam, rematik, bahkan dipercaya dapat meningkatkan daya seksual.
9.      Kandungan yodiumnya diperlukan tubuh untuk mencegah penyakit gondok.
10.  Kandungan klorofil rumput laut bersifat antikarsinogenik, kandungan serat, selenium dan seng yang tinggi pada rumput laut dapat mereduksi estrogen. Disinyalir level estrogen yang terlalu tinggi dapat mendorong timbulnya kanker, sehingga konsumsi rumput laut memperkecil resiko kanker bahkan mengobatinya.
11.  Kandungan vitamin C dan antioksidannya dapat melawan radikal bebas.
12.  Kaya akan kandungan serat yang dapat mencegah kanker usus besar, melancarkan pencernaan, meningkatkan kadar air dalam feses.
13.  Membantu metabolisme lemak, sehingga menurunkan kadar kolesterol darah dan gula darah. Rumput laut juga membantu pengobatan tukak lambung, radang usus besar, susah buang air besar dan gangguan pencernaan lainnya.
14.  Dapat membantu penyerapan kelebihan garam pada tubuh.
15.  Baik untuk diet, mengurangi resiko obesitas, serat pada rumput laut bersifat mengenyangkan dan kandungan karbohidratnya sukar dicerna sehingga akan menyebabkan rasa kenyang lebih lama.
16.  Anti oksidan yang berperan dalam penyembuhan dan peremajaan kulit. Vitamin A (beta carotene) dan vitamin C nya bekerja dalam memelihara kolagen, sedangkan kandungan protein dari rumput laut penting untuk membentuk jaringan baru pada kulit. Sehingga Mencegah penuaan dini.
17.  Mengandung kalsium sepuluh kali lebih tinggi dibandingkan dengan susu, sehingga rumput laut sangat tepat dikonsumsi untuk mengurangi dan mencegah gejala osteoporosis.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar